Masjid-masjid Termegah di Dunia Tahun 2013

HaI Guys, kali ini gue akan membahas mengenai Masjid. Masjid adalah suatu tempat yang suci dan digunakan oleh umat Islam sebagai tempat beribadah kepada Allah SWT. Sesuai dengan perkembangan zaman, beberapa Masjid dibangun dengan arsitektur yang luar biasa dan dibangun dengan megah agar dapat memaksimalkan fungsinya sebagai tempat beribadah.

Mau tau tentang Masjid-masjid Termegah di Dunia? KEPO :P

Check It Out Guys!! 

1. Masjid Baitul Mukarram


Masjid Baitul Mukarram terletak di kota Dhaka, Bangladesh. Masjid yang didirikan pada tahun 1960 ini selalu penuh sesak terutama pada waktu sholat wajib dan pada bulan suci Ramadhan. 

Eeeiiitts, tahan dulu terkagum-kagumnya! :D
Di bawah ini masih ada beberapa Masjid megah lainnya, yang pastinya dapat membuat kalian ingin mengunjunginya!

Yo Lanjut ah!!



2. Masjid Jami' Delhi


Masjid Jami' Delhi adalah salah satu Masjid tua yang ada di India. Sedikit pengetahuan bagi kalian guys, Masjid ini dibangun oleh orang yang mendirikan Taj Mahal, yaitu Kaisar Mughal Shah Jahan. Di dalam Masjid Jami' Delhi ini menyimpan relik, salah satunya salinan Al-Quran antik yang ditulis di kulit rusa.



3. Masjid Seikh Zayed


Masjid Sheikh Zayed terbesar di negaranya, yaitu di Uni Emirat Arab. Masjid ini diberi nama sesuai dengan nama pendirinya, yaitu Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang sekaligus merupakan presiden pertama Uni Emirat Arab. Masjid ini resmi dibuka pada bulan suci Ramadhan tahun 2007. Di masjid ini pula Sheik Zayed dimakamkan.



4. Masjid Al-Fath


Masjid Al-Fath dikenal juga sebagai Islamic Center Al-Fath dan Masjid Raya Al Fath. Masjid tersebut merupakan tempat ibadah terbesar di Bahrain. Masjid ini terletak di jalan raya Raja Faisal di Juffair, sebuah kota kecil yang berlokasi di ibukota Manama.



5. Masjid Badshahi


Masjid Badshahi atau sering disebut Masjid Kaisar adalah Masjid terbesar kedua di Pakistan dan di Asia Selatan setelah Masjid Faisal. Masjid yang terletak di kota Lahore ini pernah menyandang sebagai masjid terbesar di dunia selama kurun waktu 313 tahun, yakni dari tahun 1673 sampai tahun 1986. Masjid satu ini juga memiliki halaman masjid yang merupakan halaman masjid terbesar di dunia.



6. Masjid Sultan Ahmad Shah


Masjid Sultan Ahmad Shah didirikan di Istambul, Turki. Masjid ini lebih terkenal sebagai Masjid Biru karena keramik biru yang menghiasi dinding dan interiornya. Masjid yang satu ini dibangun pada tahun 1609 sampai tahun 1616, selama pemerintahan Sultan Ahmad 1. Seperti kebanyakan Masjid besar lainnya, Masjid ini juga terdiri dari makam, madrasah dan tempat pengajian.



7. Masjid Faisal



Masjid Faisal terletak di Islamabad, Pakistan. Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di Pakistan dan di Asia Selatan. Masjid yang pernah manyandang predikat sebagai masjid terbesar di dunia pada tahun 1986-1993 ini memiliki empat menara yang masing-masing tingginya mencapai 80 meter dan diameter 10 meter. Nama Faisal diambil dari nama Raja Arab Saudi, Faisal bin Abdul Aziz.



8. Masjid Hassan 2



Masjid Hassan 2 terletak di kota Casablanca, Maroko. Dirancang oleh arsitek Perancis yang bernama Michel Pinseau, dan didirikan oleh Bouygues. Masjid ini berdiri di sebuah tanjung yang menghadap ke Samudera Atlantik.



9. Masjid Istiqlal


Masjid Istiqlal memiliki nama yang berasal dari Bahasa Arab yang artinya Kemerdekaan. Masjid yang terletak di ibu kota negara tercinta kita ini dibangun pada era orde lama saat pemerintahan Presiden Soekarno. Selain terbesar di Indonesia juga menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini dibangun untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas kemerdekaannya yang diraih Indonesia dalam melepaskan diri dari belenggu penjajahan.



10. Masjid Muhammad Ali Pasha


Masjid Muhammad Ali Pasha memiliki nama lain, yaitu Masjid Alabaster. Masjid ini dibangun antara tahun 1830 dan 1848 dan dinamai berdasarkan nama pendirinya, Muhammad Ali Pasha. Letaknya di kota Kairo, dan jika ketika mendekati kota Kairo dari sisi mana pun, fitur yang pertama yang terlihat oleh mata kita ialah masjid ini. Pembangunan masjid ini memiliki maksud untuk mengenang putra tertua Muhammad Ali Pasha, yaitu Tusun Pasha yang meninggal pada tahun 1816.



11. Masjid Nabawi


Masjid Nabawi menduduki peringkat kedua sebagai masjid terbesar di dunia setelah Masjidil Haram. Terletak di kota Madinah, dan merupakan tempat peristirahatan terakhir baginda Nabi Muhammad SAW. Di masjid ini terdapat fitur terkenal, yaitu Kubah Hijau yang merupakan tempat makam Nabi Muhammad SAW. Tidak pasti kapan Kubah Hijau tersebut dibangun, namun naskah yang tertera menanggalkan sekitar pada awal abad ke-12. Masjid ini juga berfungsi sebagai pengadilan, sekolah agama, dan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Sedangkan pada musim haji, masjid ini bisa menampung jamaah sebanyak 1 juta jamaah yang datang dari seluruh penjuru dunia. Subhanallah *_*



12. Majidil Haram


Masjidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia yang di tengah-tengahnya terdapat bangunan Ka’bah. Bangunan Ka’bah tersebut menjadi kiblat bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia dalam melaksanakan sholat. Masjid yang terletak di kota Mekkah, Arab Saudi ini memiliki luas sekitar 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar). Pada musim haji, masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 4 juta orang yang datang dari seluruh penjuru dunia. Masjid yang tidak pernah sepi selama 24 jam ini selalu dipenuhi umat Islam yang melakukan ibadah di dalamnya, baik itu sholat atau tawaf. Masjid ini juga merupakan masjid yang paling banyak orang ingin mengunjunginya :D
Saya sendiri ingin sekali pergi kesini! AMIN :D



Nah itulah Masjid-masjid termegah di Dunia, tertarik untuk mengunjungi salah satu Masjid di atas? :D

Sekian postingan kali ini guys, selamat malam dan selamat tidur bagi yang sedang beristirahat.
Temukan info menarik lainnya hanya di septiandiniblog.blogspot.com
So Stay Tune Guys!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Berbagi Hal Menarik