Kuliner Tionghoa yang Terkenal

Hai Guys, udah lama banget nih ga ngepost! Jujur, gue lagi sibuk sama main game tugas kuliah. Maklum Mahasiswa, hehe :D. 

Sebelum lebih lanjut tentang postingan kali ini, gue mau basa-basi nanya dulu sama kalian!. Apa kalian suka bapao? suka somay? suka kwetiau? makanan-makanan tersebut adalah makanan khas orang Tionghoa. Dulu leluhur orang China berlabuh di Indonesia untuk mencari rempah-rempah dan berjualan. Beberapa leluhur mereka menetap di Indonesia dengan berbagai alasan, dan karna hal tersebut pula kita dapat dengan mudah menemukan masakan orang Tionghoa di negeri ini.

Mau tau apa aja masakan-masakan tersebut? :D
Check It Out Guys!

1. Bakso



Makanan yang satu ini pasti sering kalian makan dan mungkin adalah makanan kesukaan kalian. Bakso dalam bahasa inggris adalah Meatball, yang artinya adalah bola daging. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi sekarang banyak varian baso yang menggunakan daging selain daging sapi misalnya ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi.
Jujur, gue juga seneng kuliner yang satu ini guys! :D.

Yo lanjut Guys!! 



2. Siomay



Tau banget kan sama kuliner yang satu ini! Pasti sering makan dan jadi kesukaan kalian juga. Siomay adalah adonan daging yang dibungkus dengan kulit yang serupa dengan kulit pangsit. Di Negara kita ini, banyak varian isian siomay. Siomay yang paling sering kita temukan adalah siomay yang isiannya terbuat dari ikan tenggiri, tapi ada juga siomay yang isiannya terbuat dari daging ayam, sapi, udang, dan kepiting.
Siomay adalah kuliner yang paling cewe gue seneng guys! Jadi merasa tersaingi oleh siomay XD



3. Ifu Mie


Ifu Mie? Mungkin masih asing untuk sebagian orang, termasuk gue. Ifu Mie adalah sejenis makanan berbentuk bakmie yang telah direbus lalu digoreng sampai garing sehingga berbentuk seperti sarang. Kemudian di atasnya disiram kembang 7 rupa dengan tumisan sayuran (biasanya sih capcay). Jadi pengen nyoba!!



4. Mie Goreng


Mie jelek Goreng adalah salah satu kuliner yang paling sering kita temui, bahkan dibuat sebagai makanan instant. Mie mungkin adalah makanan umum yang bukan hanya berasal dari Tiongkok, tapi yg membedakannya adalah campuran bahan, jenis tepung sebagai bahan baku, serta teknik pengolahan. Mie Goreng biasanya disajikan dengan taburan daging, sayuran yang telah ditumis, dan kerupuk.
Mie Goreng Instant  adalah sahabat Mahasiswa ^,^v



5. Cahkwe


Cahkwe adalah jajanan gue pas SD salah satu penganan tradisional Tionghoa. Cahkwe mudah sekali kita temukan, banyak dijual oleh pedagang kaki seribu lima. Cahkwe biasanya disajikan dengan sambal asam cair. Cahkwe di China sendiri dimakan dengan cara mencelupkannya ke dalam bubur panas atau dimakan bersama susu kedelai manis maupun asin.



6. Bihun Goreng


Bihun adalah salah satu jenis makanan dari Tiongkok, bentuknya seperti mie namun lebih tipis. Bihun berasal dari bahasa Tionghoa, yaitu “Bi” artinya beras dan “hun” artinya tepung. Bahan baku bihun sendiri terbuat dari tepung beras. Biasa dimasak dengan cara digoreng, disajikan dengan ditaburi potongan udang dan sayuran.
Udah giler? Masih banyak dibawah ini guys! :D



7. Bakmi


Bakmi sering disebut yamien atau yahun. Tebalnya bakmi adalah antara Mian cina dan Udon Jepang. Bakmi yang paling umum adalah yang terbuat dari tepung terigu. Biasanya disajikan dengan direbus dan ditambahkan bakso.
Kalau gue paling seneng bakmi ayam! #kode ^,^



8. Lumpia


Lumpia adalah sejenis penganan tradisional Tionghoa. Lumpia adalah lembaran tipis dari tepung gandum yang dijadikan kulit lalu digunakan sebagai pembungkus isian yang biasanya terdiri dari rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut.
Kalau gue biasa beli sih yang pake touge dan di kulit lumpianya di kasih selai yang terbuat dari gula merah.



9. Capcay



Cap cay adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer. Capcay adalah makanan yang unik karena dimasak dari berbagai macam sayuran. Biasanya sayuran yang digunakan adalah jagung muda, brokoli, wortel, jamur merah, jamur kuping, sawi putih, kembang kol, kapri, dan bisa digunakan sayuran lain.
Jujur kalau gue sih ga suka sayuran, hehe.



10. Fu Yung Hai


Fu Yung Hai adalah masakan Tionghoa yang dibuat dari telur yang didadar dengan campuran berupa sayuran, daging, atau makanan laut. Isi campuran bisa berupa daging ayam, daging sapi, daging kepiting, dan sebagainya yang dicincang halus. Fu Yung hai dimakan bersama saus asam manis yang biasanya terbuat dari tomat dan ditaburi kacang polong.
Yang pake daging kepiting enak banget guys, mantaaap!!



11. Bakpao


Bakpao merupakan penganan tradisional Tionghoa. Pao itu berati “bungkusan”, dan bak itu artinya “daging”, jadi bakpao berarti “bungkusan yang berisi daging”. Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan adalah daging babi, tetapi bakpao sendiri dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, srikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya, sesuai selera. Kulit bakpao dibuat dari adonan tepung terigu diberi ragi untuk mengembangkan adonan, setelah diberikan isian, adonan dibiarkan sampai mengembang lalu dikukus sampai matang.
Kalau dulu gue suka banget sama bakpao yang isi coklat, dan harganya juga terjangkau! :D



12. Kwetiau


Kwetiau adalah sejenis mie Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. Dapat digoreng ataupun dimasak berkuah. Kwetiau sendiri bentuknya lebih lebar dari mie biasa, dan teksturnya lebih kenyal. Penyajiannya dengan cara digoreng dengan tumisan sayur dan ditaburi cacahan telur juga irisan daging.
Dari beberapa makanan di atas, Kwetiaulah kuliner Tionghoa yang paling gue suka. Rasanya gurih dan sedikit asin, pokonya mantaplah :D



Nah itulah Kuliner Tionghoa yang Terkenal, yang tentunya harus kalian coba guys!! 

Sekian postingan kali ini guys, selamat menjalani aktivitas pagi kalian!!
Temukan info menarik lainnya hanya di septiandiniblog.blogspot.com
So Stay Tune Guys!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Berbagi Hal Menarik